Sekilas Tentang Zynga.Inc Comments Feed

Zynga.Inc

Zynga.Inc merupakan sebuah pengembang game jaringan sosial berbasis Web 2.0 yang berlokasi di San Fransisco, California, Amerika. Perusahan mengembangkan berbagai jenis permainan berbasis-browser yang bekerja sama dengan situs-situs jejaring sosial alam maya lain seperti Tagged, Bebo, MySpaces, dan tak ketinggalan Facebook.Com.

Sejarah

Zynga berdiri pada bulan Juli 2007 oleh Mark Pincus, Michael Luxton, Eric Schiermeyer, Justin Waldron, Andrew Trader, dan Steve Schoettler. Pada bulan Juli 2008, mereka mendapatkan dana ventura sebesar USD $29 juta dari beberapa perusahaan yang dipimpin oleh Kleiner Perkins Caufield & Byers. Pada saat itu mereka menunjuk Chief Creative Officer Elecronic Arts, Bing Gordon untuk menduduki jabatan direktur. Pada saat yang sama, mereka juga membeli YoVille, sebuah game jaringan sosial yang sudah ternama.

Tak berhenti mereka terus menggebrak kancah per-game-an dunia. Menurut data dari website mereka, pada Desember 2009 saja mereka telah menjaring 60 juta lebih user aktif. Sungguh prestasi mencengangkan bagi perusahaan yang belum genap usia 2 tahun.


Tahukah anda, darimana nama perusahaan ‘Zynga’ berasal? Jangan geli jika saya kasih tahu bahwa nama perusahaan ini berasal dari nama anjing American Bulldog piaraan Mark Pincus. Ya, karena anjing inilah yang selalu menjadi kawan setia sang pendiri perusahaan, maka tak berlebihan bila dia berfilosofi bahwa Zynga juga bisa menjadi sahabat setia para gamer diseluruh dunia.

Pada bulan September 2010, Zynga melaporkan telah memiliki karyawan sebanyak 750 orang.

Pada tanggal 17 Februari 2010, Zynga resmi membuka kantor di Zynga India di Bangalore, yang merupakan kantor perusahaan pertama yang berada di luar Amerika.

Pada 18 Maret 2010, Zynga mengkonfirmasi bahwa mereka akan membuka kantor internasional keduanya di Irlandia.

Pada 7 Mei 2010, Michael Arrington dari TechCrunch melaporkan bahwa dia bersama-sama Zynga mengancam akan hengkang dari facebook jika facebook mewajibkan para aliansinya menggunaan Facebook Credit untuk kegiatan monetisasinya. Setelah bernegoisasi disepakati Zynga tetap bertahan di facebook tetapi harus meng-host seluruh game nya di facebook. Belakangan facebook membalas dengan menyetop notifikasi atas beberapa game Zynga, termasuk FarmVille. Aksi facebook ini berdampak merosotnya player FarmVille dari puncaknya 85 juta (Maret 2010) menjadi 18 juta orang per bulan Juni 2010.

Untuk mengatasi hal ini, Zynga tak tinggal diam. Para punggawa Zynga bernisiatif mengambil langkah berani untuk menjaga jarak dari facebook dengan membangun jaringan “Zynga Live” yang kemudian mulai dikenal dengan istilah ZLive.

Saat ini, dengan diakuisisinya Dextrose, kantor Zynga Germany menjadi tonggak sejarah ekspansi Zynga ke ranah Eropa. Zynga kini mempunyai 13 studio dan mengoperasionalkan kantor yang tersebar di beberapa kota dunia antara lain di Sunyvale, Los Gatos, Los Angeles, Boston, Baltimore, Bangalore, Beijing, and Tokyo.

Daftar Game Zynga

Blackjack
Café World
FarmVille
FarmVille (iPod)
FishVille
Friends for Sale
FrontierVille
Live Poker
Mafia Wars
Mafia Wars (iPod)
Pathwords
PetVille
Street Racing
Dope Wars
Pirates: Rule the Caribbean!
Poker Blitz
Scramble (browser game)
Scramble (iPod)
Scramble Live
Street Racing (iPod)
Sudoku

Texas Hold’Em Poker
Treasure Isle
Vampire Wars
Vampires: Bloodlust (iPod)
WarStorm
Word Twist
YoVille

Sumber artikel: Wikipedia

Artikel ini tidak akan mengupas satu per satu game-game tersebut. Selain tidak relevan dengan topik, juga karena tujuan artikel ini hanyalah sebagai pendahuluan untuk masuk ke bagian selanjutnya. Yaitu Misteri Texas Hold’em Poker.